Wednesday 11 September 2013

Ragusa Italian Ice Cream

Ragusa Ice Cream
Lokasi : Jalan Veteran I no. 10 Jakarta Pusat (dekat masjid Istiqlal)
Telepon : (021) 3849123
Harga : mulai dari Rp14.000,00 sampai Rp30.000,00 per porsi es krim
Buka : Senin--Minggu, 09.30--23.00


Sekitar seminggu yang lalu sehabis beribadah shalat Jumat, saya menyempatkan untuk datang ke salah satu gerai es krim yang terletak di dekat Masjid Istiqlal. Es krim yang beralamatkan di Jalan Veteran I no.10 Jakarta Pusat ini, telah berdiri sejak tahun 1932 dan menyajikan suasana memakan es krim yang berbeda jika dibandingkan dengan gerai lainnya. Dengan tetap mengandalkan dan mempertahankan suasana klasik yaitu ketika es krim ini pertama kali berdiri (bahkan lebih tua daripada kemerdekaan Indonesia), es krim ini memiliki penggemarnya sendiri. Selain itu cita rasa dan menu yang disajikan oleh gerai ini juga tergolong klasik dan sangat cocok bagi yang ingin bernostalgia atau kembali ke tempo doeloe.

Cassata Siciliana (atas) Spaghetti Ice Cream (bawah)
Ketika saya berkunjung ke gerai ini, es krim yang saya pesan adalah Cassata Siciliana dan Spaghetti Ice Cream. Cassata Siciliana merupakan menu es krim yang tergolong fancy flavored dari gerai ini. Es krim yang terdiri dari paduan berbagai macam es krim dengan rasa coklat, vanila, dan strawberry. Selain es krim, di dalam hidangan ini juga terdapat sponge cake pandan. Untuk Cassata Siciliana dari segi rasa saya rasa sudah cukup baik. Awalnya saya memiliki ekspektasi mengenai kelembutan dari tekstur es krim ini akan tetapi ternyata di luar dugaan. Tekstur dari es krim ini ternyata kurang lembut. Kemudian untuk Spaghetti Ice Cream saya rasa merupakan menu favorit dari gerai es krim ini. Es krim yang terdiri dari es krim rasa vanilla kemudian di atasnya diberi taburan topping seperti kacang, kismis, dan sukade. Selain itu di atas es krim juga disirami saus cokelat sehingga menjadikan es krim ini memiliki perpaduan yang sangat cocok. Selain itu, berbeda dengan Cassata Siciliana, es krim ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat terasa kalau es krim ini merupakan homemade.

Selain menu es krim yang saya pesan tadi, anda juga dapat memesan menu lainnya. Es krim yang dijual di gerai ini terbagi atas regular flavored, premium flavored, mixed flavored,  dan fancy flavored. Regular flavored terdiri dari mocca, strawberry, vanilla, chocolate, dan nougat. Untuk regular flavored dijual dengan harga Rp14.000,00 kecuali yang nougat dijual dengan harga Rp17.000,00. Sementara untuk premium flavored terdiri dari durian dan rum raisin. Kedua jenis es krim ini dijual dengan harga Rp17.000,00. Untuk mixed flavored merupakan sajian es krim campuran. Jenis campuran (mixed) yang bisa anda pesan antara lain coupe de maison dan special mixed. Keduanya dijual dengan harga masing-masing Rp17.000,00 dan Rp20.000,00. Sementara untuk fancy flavored, selain yang telah saya pesan tadi, terdapat menu lainnya yaitu, Chocolate Sundae, Tutti Frutti, dan Banana Split. Harga dari masing-msaing es krim berturut-turut adalah Rp20.000,00; Rp25.000,00; Rp30.000,00. Selain es krim, anda pun dapat memesan hidangan sate, otak-otak dan rujak juuhi yang berjualan tepat di depan gerai es krim (ketiganya tidak memiliki afiliasi dengan Ragusa). Sebagai pelengkap terdapat pula beverage seperti es kelapa muda, lemon ice tea, dan minuman lain yang dapat dipesan sebagai penghilang dahaga.

Ketika saya pertama kali ke gerai ini, hal yang ada dalam benak saya adalah saya akan memakan es krim dengan cita rasa yang enak dan mendapatkan pelayanan yang ramah. Untuk poin pertama saya telah cukup mendapatkannya. Akan tetapi untuk poin kedua saya rasa tidak. Saya rasa manajemen gerai Ragusa memperbaiki pelayanan terhadap pelanggan. Es krim ini telah mengusung konsep yang berbeda dan telah memiliki cita rasa sendiri dan akan menjadi lebih baik apabila pelayanan terhadap pelanggan ditingkatkan dan tidak lupa disertai keramah-tamahan. Selain itu, untuk kebersihan dan kenyamanan tempat saya rasa perlu diperhatikan lagi. Hal ini dikarenakan kondisi lantai (ketika itu) kurang bersih. Selain itu, dikarenakan kunjungan saya sehabis shalat Jumat (siang hari) dan suasana sangat terik maka ketika pelanggan menikmati es krim pun dalam suasana panas (tampaknya pendingin ruangan sedang tidak berfungsi). Hal ini mengakibatkan es krim menjadi lebih cepat mencair. Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan cita rasa dan pelayanan maka saya akan memberikan nilai 6.5/10 untuk gerai es krim Ragusa.

Terima kasih telah membaca review dari saya. Sukses dan sehat selalu untuk anda semua.

9 comments:

  1. wenakkkk deliciousssssssss enaknya gaada obat..

    visit me

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungannya, akan lebih baik jika pelayanan ditingkatkan. :)

    ReplyDelete
  3. http://www.kaskus.co.id/thread/5224578417cb17fd51000000/quotnot-recomendedquot-es-krim-ragusa-italia-di-jl-veteran-1-jakarta/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah saya berkunjung ke link yang bersangkutan. Semoga segera ada perbaikan dari manajemen. :)

      Delete
  4. Replies
    1. Setau says hari Sabtu buka. Mengingat jam operasinya setiap hari.

      Delete
  5. Betul, pelayannya tak ramah sedikitpun, tempatnya kurang bersih, kurang nyaman & interiornya biasa banget.......

    ReplyDelete
  6. Hehe, kurang lebih setuju sih, tapi konon katanya inilah es krim yg masih tetap buka dan melegenda. Kalau tidak salah di daerah Senen juga ada es krim yg melegenda. Pan kapan saya berencana mencoba :D

    ReplyDelete
  7. Baru aja ke sana sumpah pelayanan nya ga banget.... ga ada terimaksih/ senyum sedikit pun sama waiters nya yg ciri fisiknya rambut panjang.. pirang.. gemuk...

    ReplyDelete