Monday 17 March 2014

Mujigae The Korean Resto, The Korean Invasion

Lokasi : Mall Kelapa Gading 3 Lt. Dasar Unit G-57, Jalan Bulevar Kelapa Gading Blok M, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Harga : mulai dari Rp26.000,00 - Rp50.000,00 untuk main course
Buka : 10.00 - 22.00
Situs : Twitter, Mujigae.com


Mujigae Resto
Korean Invasion, mendengar kata invasion, yang dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi invasi, sebagian orang pasti berpikir mengenai agresi militer dan peperangan. Salah satu invasi militer ke Korea yang terkenal adalah invasi Manchu ke Korea. Akan tetapi postingan ini tidak akan membahas invasi militer Manchu ke Korea melainkan mengenai invasi budaya Korea ke Indonesia. Invasi budaya Korea dimulai sejak kedatangan boyband dan girlband yang menjadi pembuka jalan bagi masuknya budaya Korea di Indonesia. Invasi budaya Korea tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan ke seluruh dunia dan hampir memiliki pola invasi yang sama yaitu melalui boyband dan girlband serta lagu-lagu solo. Masih hangat dalam ingatan lagu Korea milik Psy yang sempat menjadi fenomena pada tahun 2012. Setelah membuka jalan melalui lagu, invasi budaya Korea berlanjut dengan kuliner. Salah satu gerai makanan yang berhasil menangkap peluang booming-nya budaya Korea adalah Mujigae resto. Sesuai dengan judul dari postingan ini, maka kita akan membahas lebih lanjut mengenai resto Korea yang sedang naik daun ini. Okay, here we go.

Resto yang terletak di Mall Kelapa Gading ini, memberikan kesan suasana yang modern dan futuristik. Ketika bertandang ke resto ini, pemesanan makanan dilakukan melaui pad atau tablet yang disediakan di setiap meja. Jika menekan menu pada pad, akan tampak menu makanan beserta display dari makanan tersebut. Menurut saya hal ini sangat membantu pelanggan untuk mengetahui bagaimanakah makanan tersebut disajikan dan dipresentasikan sehingga pelanggan tidak asal memilih makanan. Selain menu makanan, dalam pad tersebut juga terdapat menu lainnya seperti foto, lagu, sampai billing. Untuk menu lagu, pelanggan dapat memesan lagu yang akan diputar melalui audio (bukan live music). Untuk playlist lagu, semua lagu merupakan lagu Korea dan sayangnya saya bukan penggemar lagu Korea.

(atas - kanan) Dolsot Bibimbap
(atas - kiri ) Korean Fried Chicken
(bawah) Paket Bulgogi 3
Mengenai makanan, makanan Korea yang menjadi kegemaran saya adalah ayam goreng Korea. Salah satu yang menjadi favorit saya adalah ayam goreng ala Korea milik rumah makan cepat saji, Bonchon. Tanpa berpikir panjang sayapun memesan menu makanan yang sama di Mujigae. Menu yang saya pesan adalah Dolsot Bibimbap + Korean Fried Chicken dan Paket Bulgogi 3. Sementara untuk minuman yang pesan adalah Mango Yakult dan Milktea + Asuka. Korean Fried Chicken (KFC, secara kebetulan memiliki akronim yang sama dengan salah satu restoran fast food terbesar dari USA) merupakan ayam goreng khas Korea yang dimasak dengan cabai pedas Korea, gochujang. Sepintas ayam ini memiliki kemiripan penyajian dengan Hawaiian Chicken. Mengenai rasa dari ayam ini bagi beberapa orang akan terasa pedas dikombinasi dengan rasa manis. Ayam goreng Korea atau yang memiliki nama lain Yyangnyeom tongdak ini disajikan satu paket dengan bibimbap dan asinan khas Korea atau sering disebut sebagai kimchi. Bibimbap (saya sendiri sering terpeleset lidahnya dengan menyebutkan bibibap atau bibibip) merupakan makanan khas Korea yang secara harfiah berarti nasi campur (mungkin sejenis nasi rames di Indonesia). Bibimbap di restoran ini merupakan nasi yang terdiri dari sayuran, telur setengah matang, dan potongan daging. Bahan-bahan tersebut ditata di sebuah mangkuk atau piring dan disajikan dalam keadaan panas. Dikarenakan disajikan di dalam hot plate, maka disarankan begitu menu telah diterima maka langsung diaduk, jika tidak nasi yang disajikan di dalam hotplate akan menjadi kerak. Bila suka pedas dapat mencampurkan bibimbap dengan gochujang atau saus sambal khas Korea yang memiliki rasa asam. Selain kedua makanan di atas terdapat juga kimchi yang menjadi hidangan sampingan (side dish). Kimchi merupakan makanan tradisional khas Korea hasil fermentasi sayuran yang diberi bumbu pedas dan garam. Merujuk pada wikipedia, sayuran yang sering dibuat menjadi kimchi adalah lobak atau sawi putih dan dibuat dari bumbu yang memiliki bahan dasar udang kriil, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Untuk Paket Bulgogi 3 merupakan menu paket yang terdiri dari spicy bulgogi, Korean fried chicken, japchae, kimchi, dan nasi putih. Japchae merupakan sejenis sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Berhubung saya menyukai bihun dan sahun, maka  japchae dari Mujigae ini menurut saya enak. Selain japchae, terdapat juga hidangan spicy bulgogi. Meskipun judulnya spicy akan tetapi saya sendiri tidak merasakan pedas dari daging olahan ini. Di Jepang, bulgogi ini dikenal sebagai yakiniku merupakan daging sirloin yang diberikan bumbu kecap asin, bawang, gula, serta bumbu lainnya. Untuk rasa bulgogi dari resto ini sebenarnya standar saja.

Awalnya saya mengira resto ini memiliki range harga yang tinggi. Setelah melihat menu harga yang ditawarkan resto ini masih terbilang terjangkau. Paket Bulgogi 3 dijual dengan harga Rp41.819,00, kemudian Dolsot Bibimbap dijual dengan harga Rp39.091,00. Untuk minumannya dijual antara range harga Rp12.000,00 sampai Rp19.000,00. Untuk porsi, meskipun di foto terlihat tidak terlalu banyak akan tetapi ternyata mengenyangkan. Range harga makanan utama lain (main course) mulai dari Rp26.000,00 sampai Rp50.000,00, terdapat juga menu paket barbecue yang dimulai dengan range harga Rp34.000,00 untuk daging ayam dan Rp49.000,00 untuk daging sapi. Pelanggan dapat memanggang sendiri untuk paket barbecue dan menentukan tingkat kematangannya sendiri.

Secara keseluruhan saya puas makan di resto ini. Mengenai rasa sebenarnya standar, khusus untuk japchae dan KFC-nya memang memiliki rasa yang spesial, yang bikin puas dari resto ini selain kedua menu yang saya sebutkan sebelumnya adalah kuantitasnya yang cukup sehingga lumayan mengenyangkan. Kemudian mengenai pelayanan, akan sangat lebih baik jika pelayanan melayani dengan senyuman, yeah simple, meskipun telah dilayani dengan sigap dan cepat akan menjadi nilai plus apabila ditambah dengan keramahan. Untuk tempat saya rasa bersih dan higienis serta dekorasi tempat tidak membosankan meskipun saya bukan fans boyband atau girlband Korea. Secara keseluruhan saya rasa nilai 8.4/10 sudah mewakili presentasi dari Mujigae.

Terima kasih telah membaca review dari saya. Semoga sukses dan sehat selalu.

3 comments:

  1. Halo gan.. nitip info nih. Jika ada yang butuh Dus Makanan bisa hubungin kita Greenpack :)

    ReplyDelete